Jumat, 05 November 2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran               : Penjas orkes

Kelas / semester            : XI / II

Pertemuan ke -              : IV

Alokasi waktu               : 30 menit

Standar kompetensi      :
1.   Peserta didik mampu memahami konsep gerak dribbling (menggiring bola) dalam olahraga sepak bola.

2.   Peserta didik mampu mempergakan gerak dribbling (menggiring bola) dalam olahraga sepak bola.
Kompetensi dasar         : Dribbling (menggiring bola)

Materi pokok                : Teknik gerak dribbling (menggiring bola)

LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Gambar
Langkah pembelajaran
Keterangan
1

PEMANASAN
§  Pertama-tama peserta didik dibariskan menjadi 4 bershaf, kemudian di pimpin doa, selanjutkan melakukan gerak pemanasan untuk menuju ke inti.
§  Pertama-tama adalah pemanasan untuk melemaskan otot pundak. Tarik tangan lurus ke depan lalu tarik ujung jari ke arah bawah oleh tangan yang lain. Lakukan bergantian kiri dan kanan.
§  Untuk melemaskan otot punggung ambil posisi menunduk dengan posisi salah satu kaki maju ke depan. Lalu tarik ujung jari kaki kearah dalam. lakukan bergantian.
§  Pemanasan untuk otot pinggang dilakukan dengan cara memegang ujung kaki kiri dengan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.
§  Untuk otot leher, lakukan gerakan menengok ke kiri dan kanan. Otot bisep dilemaskan dengan cara menarik lengan kiri kearah kanan, lalu tahan dengan tangan kanan. Lakukan sebaliknya. Lakukan setiap gerakan selama kurang lebih 5 detik

+ : Guru
X : Peserta didik
2

INTI (gerak dribbling / menggiring bola)
§  Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
§  Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola.
§  Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya, Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
§  Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
§  Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya  Diayunkan kedepan. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan.
§  Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai Pada waktu menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah.
§  Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi.
§  Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.
§  Untuk selanjutnya pserta didik di bagi menjadi 2 kelompok, dan berbaris 2 berbanjar yang didepannya sudah di beri kon untuk melakukan gerak dribble, baris paling depan melakukan gerak dribble tanpa mengunakan bola, setelah semuanya melakukan, di teruskan dengan gerak dribble mengunakan bola melewati kon yang sudah di sediakan.
§  Untuk tahapan berikunnya adalah melakukan gerak dribble dengan posisi berhadapan melewati pemain yang ada di depanya.
§  Kemudian munuju ke permainan, di bagi menjadi 2 team yang akan bertanding, dalam permainan tersebut lebih di prioritaskan dengan menerapkan teknik dribble yang sudah di berikan.


3

PENDINGINAN
§  Peserta didik di bariskan lagi menjadi 4 bershaf untuk melakukan gerak pendinginan, dan di lanjutkan dengan doa untuk mengakhiri kegiatan.


Media alat yang digunakan    :
1.      Peluit
2.      Jam tangan
3.       Con
4.       Bola sepak








                                                                                                                               





                                                                                                                              Yogyakarta, Selasa 3 juni 2010.
                                                                                                            Guru penjaskes



                                                                                                             Listyo permadi
                                                                                                              08601244180


Tidak ada komentar:

Posting Komentar